Kamis, 10 Januari 2013

Aku dan Skripsiku: Jangan mudah menyerah :D


Yogyakarta, 10 Januari 2013

Hai, mulai hari ini saya bakal nge-share tentang apa yang terjadi antara aku dan skripsiku… Yaah,, hitung-hitung buat kenangan nanti wkwkwk

Oke sebelumnya saya akan ceritakan dulu sedikit tentang skripsi saya…
Skripsi saya mengambil tema tentang anti kanker, sempitnya saya melakukan uji efek anti angiogenesis dari salah satu tanaman rimpang di Indonesia. Angiogenesis itu adalah proses pembentukan pembuluh darah baru yang pada penderita kanker dapat menyebabkan tingkat keparahannya semakin berkembang.

Yup, beberapa hari yang lalu,saya baru saja mengurus surat rekomendasi untuk melakukan penelitian di kampus lain, soalnya penelitian saya ga bisa dilakukan dikampus saya tercinta Univeristas Islam Indonesia Yogyakarta. Apa artinya? Yak artinya sebentar lagi saya akan melakukan penelitian untuk skripsi saya.

Hari ini awalnya, saya dikampus karena sebelumnya ingin bertemu dengan partner skripsi saya sehabis selesai kuliah (jam 10.30 wib) tapi apa kerena saya lupa bales sms dia semalem, atau memang dia yang lupa atau memang ada alasan lain mungkin, sampai hampir jam 12.00 ga ada kabar juga :(.  
Akhirnya saya putuskan untuk blusukan ke Laboraturium mencari tahu bahan yang sebelumnya keberadaan tidak diketahui hehehe…

Bahan itu adalah basic fibroblast growth factor (bFGF). Bahan ini yang nanti akan menginduksi pembentukan angiogenesis pada media (embrio ayam) yang saya siapkan nanti.

Hasilnya cukup mengecewakan sih huhuhu~~~~

Tahun kemarin saya sempat menanyakan hal ini kepada laboran di kampus saya. Bahannya ada, tapi karena waktu itu saya masih semester 6 dan belum memulai penggarapan skripsi, jadilah saya hanya puas dengan jawaban kalo bahannya ada. Nah, waktu kemaren saya tanya lagi, ternyata bahannya katanya tidak ada. Bukan tidak ada sih, tapi tidak tahu dimana karena laboran yang bertugas disana sudah berganti orang. Laboran yang baru bilang nanti akan dicarikan. Setelah lewat satu bulan, saya tanyakan lagi, laboran baru bilang sudah ada, tapi ternyata itu bukanlah bahan yang saya inginkan. Disini saya mulai khawatir dongs, karena tanpa bahan itu penilitian saya ga bakal bisa jalan. UGM, UAD juga biasanya mengambil bahan itu di UII looooh….

Ketika hari ini saya tanyakan lagi, jawabannya masih sama. Oke, saya panik, tapi belum pake banget. Hehe. Laboran baru menyarankan saya untuk mengajukan bahan tersebut ke laboraturium. Mendengar kabar itu, semakin panik dongs yaa~~~ kalau pun itu ada, tapi pasti pemesanannya butuh waktu yang tidak sebentar, karena itu bukan bahan kimia yang mudah didapat. Keluar dari ruangan laboran tersebut ga kerasa, mungkin karena sudah full emosinya saya nangis dikampus T.T  (*malu udah gede masih nangis). Saya puas-puasin ngeluarin airmata di kamar mandi, sebelum saya mengurus untuk pengadaan bahan itu dilaboraturium. Ditambah lagi ketika saya sms partner skripsi saya, tapi ga ada respon juga. Huhuhu :(
Setelah merasa sedikit lebih baik, akhirnya saya menghadap pihak laboraturium. Alhamdilillah lancar, terlihat permintaan saya akan dikabulkan. Berita buruknya adalah pemesanan untuk bahan tersebut inden sekitar 2-3 bulan. What? Artinya selama itu saya harus menunggu??? Apa kabar skripsi saya nanti ?? Tambahlah lagi meluap emosi saya…

Ada niatan waktu itu untuk langsung pulang dan melanjutkan tangisan dikamar mandi kampus tadi yang masih tersisa dan kini malah bertambah. Tapi entahlah, mau pulang sepertinya Allah memberatkan langkah saya. Akhirnya saya putuskan untuk menghubungi laboran lama yang dulu sempat mengatakan kalo bahannya ada. Sungguh pencerahan beroooo. Ditelpon laboran lama memberikan petunjuk dimana harus mencari bahan yang kecil itu. Dicari disana kemari sesuai petunjuk dari beliau, ternyata bahan itu ada coooy didalam freezer yang hampir penuh dengan gunungan salju amoniak . Via telpon saya juga diajarkan bagaimana cara untuk persiapan dan pengenceran bahan tersebut. Hmhm jadi saya ga musti nunggu selama 2-3 bulan kan?? Wkwkw

Setiba dikost, saya berpikir seperti ini, kalau saja tadi saya memilih untuk pulang dan meraung-raung dikamar, mungkin saya akan mulai memikirkan untuk ganti judul, atau kalo tetap dengan judul itu saya akan cengo selama 2-3 bulan kedepan dan mungkin tulisan ini ga ada. wew

Oh ya, satu lagi, selagi saya menulis postingan ini, ada banyak sms masuk ke hape saya. Beberapa diantaranya adalah sma dari partner skripsi saya yang jamnya menunjukkan itu sms tadi siang dan sore. “Oh, ternyata tadi sms-nya pending” hmhmhm

Terakhir nih,,,, Alhamdulillah yah, hari ini penuh dengan pelajaran berharga :).
Segala suasuatu itu perlu dipersiapkan, direncanakan dengan baik. Karena terkadang apa yang kita harapkankan tidak sesuai dengan keadaan yang ada.
Selalu berusaha untuk positive thinking :D
Satu lagi, pake kesabaran, keikhlasan, maka keindahan itu akan datang. Ingatkan? Allah tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuan hambanya. Jadi, jangan mudah menyerah yaa~~~~
Buat yang lagi skripsi, semoga dilancarkan skripsinya J cemumun celalu eaaaa hehehe



Terima kasih sudah membaca postingan ini sampai selesai :D
Nantikan kisah aku dan skripsiku selanjutnya yaa wkwk (udah kayak sinetron aja ini)
Salam, ^^,
-Erma Yunita-

1 komentar: