Jumat, 12 Juli 2013

Aku dan Skripsiku: SULIT TAPI BISA !

Assalamualaikum, wr wb :)

Hari ini, Jum'at 12 Juli 2013, saya baru saja menyelesaiakan salah satu perjuangan di Strata-1 yaitu sidang akhir atau pendadaran . Huaaa, Alhamdulillah saya dinyatakan lulus :D
Seusai pendadaran, saya mencoba flashback tentang saya waktu dulu, di saat awal kuliah.

Dulu, saya sempat berpikiran kalau saya tidak akan bisa lulus dengan tepat waktu. Orang yang mengenal saya sekarang, pasti tidak pernah menyangka bahwa dulu di awal semester IPsemester saya tidak tembus angka 3 .Saya juga pernah mendapatkan IPsemester 2,75 di semester 3. (yang masih tidak percaya, besok bisa lihat sejarah indeks prestasi saya hahha)
Tapi apa yang terjadi hari ini , membuktikan bahwa dengan izin Allah, saya bisa menjadi lebih dan lebih baik lagi . Alhamdulillah..


Lalu muncul pertanyaan, mengapa waktu itu IP saya bisa tidak tembus diangka 3 ?
Apa itu karena saya bodoh ? Pasti kalian juga tidak akan percaya. Melihat keadaaan saya sekarang yang menjadi asisten praktikum selama 3 periode tahun ajaran berturut-turut , ikut organisasi disana sini dan sempat menjadi kepala departemen di LEM FMIPA UII, aktif dalam kegiatan atau lomba yang bersifat sains , 2 kali lolos PKM Dikti. Yang mereka tahu , saya sudah begini bentuknya dari awal. Iya kan ? (Iya sebagian teman saya mengira bahwa saya sudah "baik" dari awal)

Malas. Yak, malas . Bisa jadi karena itu..
Diawal semester saya akui, saya orang yang malas, tidak bergaul dengan teman-teman, karena memang sifat saya yang sulit untuk beradaptasi. Semester 1 mungkin teman-teman banyak yang tidak mengenal saya. Sehabis kuliah, saya lebih memilih pulang, teman-teman berkumpul dengan kakak angkatan saya tidak pernah ikut. Ditambah lagi dengan ketidak sukaan saya pada pelajaran kimia yang membuat persepsi dipikiran saya bahwa kimia itu susah , dan saya tidak bisa.
Alhasil, diakhir semester satu saya menerima "nilai raport" yang sangat kecil, jauh dari teman-teman lain yang mendapat IP di atas 3 , bahkan sampai ada yang cumlaude. Saya ? Jangankan cumlaude, tembus angka 3 saja tidak.
Seperti mendapat "tamparan" keras dari Allah. Jauh-jauh merantau untuk menuntut ilmu, orang tua bekerja berkeringat demi biaya kuliah, dan anaknya hanya bisa menjadi dibawah dari apa yang disebut biasa saja. Bersyukur, Alhamdulillah saya cepat untuk tersadar. Walaupun beberapa teman yang bernasib sama dengan saya beberapa "menyerah" pada farmasi dan itu membuat saya sempat bingung, apa saya harus pindah dari farmasi seperti mereka atau tetap disini..

Saya mencoba bangkit di semester 2 , mencoba mencari saya yang tidak pernah menyerah, mencari saya yang dulu menjadi murid kesayangan guru matematika di SD dan SMP, mencari diri saya yang suka sekali dengan sains (kecuali kimia).
Perlahan-lahan bangkit memperbaiki diri . Belajar yang rajin, berusaha terus, pantang menyerah dan yang terpenting membuang jauh pikiran bahwa saya tidak bisa. Saya bisa, biar sulit, tapi saya harus bisa. Dan ternyata saya memang bisa. Hingga saya menjadi yang sekarang ini dan berhasil mematahkan pikiran tentang saya tidak akan lulus tepat waktu.

Dalam proses ini, saya bertemu dengan teman , sahabat yang selalu menemani proses "kebangkitan" saya. Karina, Dhee, Azizah, Citra, Vitri, Ria, Mbak Dita, Bang Enal, Johri, Apri, Toat, Fisi, Johri, Azam, Bayu, Ulfa, Cemi, Arivi, Neno, Dube, dan Ardi sebagai teman yang menemani saya untuk memperjuangkan tugas akhir, juga teman-teman lain yang terlalu banyak jika disebut satu per satu
Selain teman, tentunya disini saya bertemu dengan dosen-dosen hebat, Pak Hadi yang saya favoritkan , Bu Asih yang saya idolakan, Pak Yandi yang disela kuliah sempat mengingatkan untuk lulus sebelum Agustus 2013 , Ibu Parmi dan Pak Hatta yang membuat pelajaran Kimia menjadi menyenangkan, Ibu Edny sebagai bunda yang selalu memberikan semangat dan doa untuk anak-anaknya , Pak Yosi yang membuat saya sangat bernafsu untuk menjadi seorang peneliti, Pak Saepudin, Bu Farida, Pak Dimas, Bu Endang dan semua dosen yang telah mengajarkan ilmunya dengan sabar . Juga Ibu Sita, untuk semua bimbingan selama proses penyusunan dan penyelesaian skripsi saya, perhatian dan ilmunya sungguh sangat berharga.
Mereka semua yang membuat saya menjadi seperti sekarang :D

Dan hari ini, saya sudah berhasil melewati ujian akhir untuk mendapatkan gelar sarjana saya, belum ditetapkan memang, tapi Insyaallah, saya akan lulus tepat waktu . Aamiiin..

Bersama teman-teman yang juga berjuang untuk mendapatkan gelar S.Farm pada 12 Juli 2013


Saya mengucapkan terima kasih untuk semua, untuk semua yang telah membantu saya melewati setiap proses perbaikan.
Walaupun saya tahu , ucapan terimakasih bahkan yang dengan linangan air mata pun tidak akan pernah cukup untuk membalasnya. Biarkah Allah yang membalas semua kebaikan kalian. Aamiiin,..
Sekali lagi terima kasih, karena kalian telah membuktikan bahwa Allah tidak pernah membiarkan saya sendirian :)

Wassalamualaikum wr, wb 

Salam sayang,
Erma Yunita.



Follow me @ermayunita26

4 komentar:

  1. selamat mbaak erma......,
    semoga ilmunya bisa lebih bermanfaat :D

    BalasHapus
  2. ikut mengamini.. aamiiin..

    blognya sudah saya follow, ditunggu follow baliknya ke www.muslimahonline.net ya.. ^_^
    salam kenal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbak , terimakasih
      salam kenal juga ya :)
      sudah saya follow juga :)

      Hapus